Bolehkah Ibu Hamil Makan Lasagna?

1 min read

Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi? Ternyata Begini Pengaruh Kafein

Sahabat Ibu Hamil

Apa itu Lasagna?

Lasagna adalah hidangan pasta Italia yang terdiri dari lapisan lasagna, saus daging, dan keju. Hidangan ini populer di seluruh dunia dan sering dihidangkan di restoran Italia.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Lasagna?

Ibu hamil dapat mengonsumsi lasagna dengan aman, tetapi harus memperhatikan beberapa hal. Pertama, pastikan bahwa lasagna telah dimasak dengan baik dan suhu dalamnya mencapai 75 derajat Celsius untuk membunuh bakteri. Kedua, hindari lasagna yang mengandung daging mentah atau setengah matang, karena dapat menyebabkan infeksi dan menyebabkan bahaya pada janin. Ketiga, pastikan bahwa lasagna tidak mengandung keju yang tidak dipasteurisasi, karena dapat menyebabkan infeksi listeria pada janin.

Manfaat Makan Lasagna untuk Ibu Hamil

Lasagna mengandung nutrisi yang penting untuk ibu hamil, seperti protein dari daging, kalsium dari keju, dan serat dari sayuran. Protein membantu membangun jaringan dan organ janin, sementara kalsium membantu memperkuat tulang bayi. Serat membantu memperbaiki pencernaan dan mencegah sembelit.

Resep Lasagna untuk Ibu Hamil

Berikut adalah resep lasagna yang aman untuk ibu hamil: Bahan-bahan: – 9 lembar lasagna kering – 1 sendok makan minyak zaitun – 1/2 bawang bombay, cincang halus – 2 siung bawang putih, cincang halus – 500 gram daging sapi cincang – 1 kaleng tomat cincang – 1 sendok teh garam – 1/2 sendok teh merica – 1/2 sendok teh oregano kering – 1/2 sendok teh basil kering – 2 cangkir keju ricotta – 1/2 cangkir keju cheddar parut – 1/2 cangkir keju mozzarella parut – 1/4 cangkir daun peterseli cincang Cara membuat: 1. Panaskan oven hingga 180 derajat Celsius. 2. Rebus lasagna kering dalam air mendidih selama 8-10 menit atau sampai lembut, kemudian tiriskan. 3. Panaskan minyak zaitun dalam wajan, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. 4. Tambahkan daging sapi cincang dan masak hingga berubah warna. 5. Tambahkan tomat cincang, garam, merica, oregano, dan basil. Masak selama 10-15 menit atau sampai saus mengental. 6. Campurkan keju ricotta dengan daun peterseli. 7. Susun lasagna dalam loyang, dengan lapisan saus daging, keju ricotta, dan keju parut secara bergantian. 8. Panggang lasagna dalam oven selama 30-40 menit atau sampai keju meleleh dan kecoklatan. 9. Angkat lasagna dari oven dan biarkan dingin selama 5-10 menit sebelum disajikan.

Kesimpulan

Lasagna aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, asalkan diolah dengan benar dan memperhatikan bahan-bahan yang digunakan. Lasagna juga mengandung nutrisi penting untuk janin dan membantu memperbaiki pencernaan ibu hamil. Berikut resep lasagna yang aman untuk ibu hamil yang dapat dicoba di rumah.

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Kacang Ijo?

Sahabat Ibu Hamil Apa itu Kacang Ijo? Kacang ijo adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang sering dijumpai di Indonesia. Kacang ijo kaya akan serat,...
admin
59 sec read

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Susu Segar?

Sahabat Ibu Hamil Manfaat Susu Segar untuk Ibu Hamil Susu segar mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin dalam kandungan. Susu...
admin
57 sec read

Apa Boleh Ibu Hamil Makan Pisang Mentah?

Sahabat Ibu Hamil Pengenalan Ibu hamil harus menjaga pola makan yang sehat untuk memastikan kesehatan bayi yang sedang dikandung dan dirinya sendiri. Salah satu...
admin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *